A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 239

KKNI
 
statistik
pengunjung
    Hari Ini:69
    Kemarin:190
    Bulan Ini:5423
    Tahun Ini:67.951
    Total:459.697
    Hits Count:149
    Now Online :2
Penerapan KKNI pada Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang

“Ketatnya persaingan global menuntut pendidikan tinggi Indonesia untuk berbenah. Ini menjadi wake up call untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan bersaing di dunia internasional,” ujar Ir. Hudiyo Firmanto M.Sc., Ph,D. dari Tim KKNI DIKTI, yang juga Dosen Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya). Hal tersebut disampaikan pada Lokakarya Kurikulum Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), 24 Oktober 2015, di Ubud Hotel and Villas Malang yang dibuka oleh Dekan FISIP UMM, Dr. Asep Nurjaman M.Si.

Dijelaskan bahwa dalam perkembangan ASEAN Qualification Reference Framework, penting mempersiapkan lulusan yang kompeten dan profesional. KKNI menjadi salah satu solusinya. Pak Hudiyo juga memberikan gambaran Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) dan Capaian Pembelajaran (CP). Beliau menjelaskan CP yang bisa dikembangkan pada Jurusan Ilmu Komunikasi UMM. Jurusan Ilmu Komunikasi perlu secara jelas merumuskan CP-nya supaya mudah dielaborasi dalam pemilihan matakuliah dan praktikum.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP menerangkan bahwa KKNI menjadi aspek penting dalam pendidikan tinggi untuk bersaing di dunia internasional. Ditambahkan bahwa lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi harus mempunyai kualifikasi yang khas, kompeten dan profesional untuk bisa diterima pasar. Karenanya Jurusan Ilmu Komunikasi UMM merasa penting untuk memperhatikan KKNI dalam evaluasi dan pengembangan kurikulum.